مقدمة

إنّ الحمد لله تعالى نحمده، ونستعينه ونستغفره، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا وسيئات أعمالنا، من يهده الله فلا مضلّ له، ومن يضللْ فلا هادي له، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمدا عبده ورسوله.

وبعد :

Alhamdulillah, berkat Taufiq serta Hidayah-Nya, akhirnya blog sederhana ini dapat terselesaikan juga sesuai dengan rencana. Sholawat salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya.

Bermodal dengan keinginan niat baik untuk ikut serta mendokumentasikan karya ilmiah perjuangan Syaikhina Muhammad Najih Maemoen, maka sengaja saya suguhkan sebuah blog yang sangatlah sederhana dan amburadul ini, tapi Insya Allah semua ini tidak mengurangi isi, makna dan tujuhan saya.

Blog yang sekarang ini berada di depan anda, sengaja saya tampilkan sekilas khusus tentang beliau Syaikhina Muhammad Najih Maemoen, mengingat dari Ponpes Al Anwar Karangmangu Sarang sudah memiliki website tersendiri yang mengupas secara umum keberadaan keluarga besar pondok. Tiada lain tiada bukan semua ini sebagai rasa mahabbah kepada Sang Guru Syaikhina Muhammad Najih Maemoen.

Tidak lupa saya haturkan beribu terima kasih kepada guru saya Syaikhina Maemoen Zubair beserta keluarga, terkhusus kepada beliau Syaikhina Muhammad Najih Maemoen yang selama ini telah membimbing dan mengasuh saya. Dan juga kepada Mas Fiqri Brebes, Pak Tarwan, Kak Nu'man, Kang Sholehan serta segenap rekan yang tidak bisa saya sebut namanya bersedia ikut memotifasi awal hingga akhir terselesainya blog ini.

Akhirnya harapan saya, semoga blog sederhana ini dapat bermanfa’at dan menjadi Amal yang di terima. Amin.

Minggu, 16 Mei 2010

KAJIAN TENTANG AJARAN DAN BUDAYA AHLUSSUNNAH WALJAMA’AH Oleh: KH. Najih Maimoen Zubair, Sarang

إن الحمد للـه نحمده ونستعينه ونستغفره, ونعوذ باللـه من شرور أنفسنا وسيئات أعمالنا من يهده اللـه فلا مضل لـه ومن يضلل فلا هادي لـه. وأشهد أن لا إلـه إلا اللـه وحده لا شريك لـه وأشهد أن محمدا عبده ورسولـه اصطفاه رحمة للعالمين. صلى اللـه عليه وعلى آلـه وأصحابه وسلم تسليما كثيرا. وبعد:
Ahlussunnah wal Jama’ah sebagai al-Firqoh al-Najiyyah tidaklah perlu diragukan lagi. Ini bukan berarti memaksakan keyakinan bahwa selain Ahlussunnah wal Jama’ah adalah golongan yang sesat. Tetapi berdasarkan fakta-fakta yang dapat dipertanggungjawabkan, hanya Ahlussunnah yang benar-benar dapat merealisasikan maa ana ‘alaihi wa ashhaabii- apa yang digariskan oleh Nabi dan para Shahabatnya.
إن النبي صلى اللـه عليه وسلم لما ذكر افتراق أمته بعده ثلاثا وسبعين فرقة وأخبر أن فرقة واحدة منها ناجية سئل عن الفرقة الناجية وعن صفتها, فأشار إلى الذين هم ما عليه هو وأصحابه. ولسنا نجد اليوم من فرق الأمة من هم على موافقة الصحابة رضي اللـه عنهم غير أهل السنة والجماعة من فقهاء الأمة ومتكلميهم الصفاتية, دون الرافضة والقدرية والخوارج والجهمية والنجارية والمشبهة والغلاة والحلولية. (الفرق بين الفرق:صـ: 244).
Bukti yang paling kuat dan jelas atas kebenaran pernyataan di atas adalah: hanya Ahlussunnah yang bersedia menghormati dan menjunjung tinggi pribadi para Sahabat Nabi. Sedangkan selain Ahlussunnah justru mengutuk dan mengkafirkannya, seperti Syi’ah Iran.
Dalam hal ini, dalam menyikapi ayat (والذين اتبعوهم بإحسان) , Imam Fakhruddin ar-Rozi telah menuangkan penafsirannya:
واعلم: أن الآية دلت على أن من اتبعهم إنما يستحقون الرضوان والثواب بشرط كونهم متبعين لـهم بإحسان. وفسرنا هذا الإحسان بإحسان القول فيهم. والحكم المشروط ينتفي عند انتفاء ذلك الشرط فوجب أن من لم يحسن القول في المهاجرين والأنصار لا يكون مستحقا للرضوان من اللـه تعالى, وأن لا يكون من أهل الثواب لـهذا السبب. فإن أهل الدين يبالغون في تعظيم أصحاب رسول اللـه صلى اللـه عليه وسلم ولا يطلقون ألسنتهم في اغتيابهم وذكرهم بما لا ينبغي. (التفسير الكبير: جـ:16/صـ:137).
وأما أهل السنة فإنهم يترضون عمن رضي اللـه ويسبون من سبه اللـه ورسولـه ويوالون من يوالي اللـه ويعادون من يعادي اللـه وهم متبعون لا مبتدعون ويقتدون ولا يبتدون. وهؤلاء هم حزب اللـه المفلحون وعباده المؤمنون. (تفسير ابن كثير: جـ:2/صـ:384).
Dengan demikian, bukanlah Ahlussunnah adalah mereka yang sudi menganugerahkan pujiannya pada para Sahabat?, memusuhi orang yang dimusuhi Allah?, mengikuti sunnah-sunnah Rosulillah?,dan tidak berbuat/ berpikir bid’ah?.
Merekalah golongan (Firqoh) yang benar-benar mendapat jaminan keridloan dari Allah SWT yakni sebagai al-Firqoh al-Najiyyah.
Untuk lebih mantapnya, dalam al-Qur’an al-Karim, Allah SWT telah menyiratkan golongan tersebut;
 للفقراء المهاجرين والأنصار الذين أخرجوا من ديارهم وأموالـهم يبتغون فضلا من اللـه ورضوانا وينصرون اللـه ورسولـه أولئك هم الصادقون * والذين تبوءوا الدار والإيمان من قبلـهم يحبون من هاجر إليهم ولا يجدون في صدورهم حاجة مما أوتوا ويؤثرون على أنفسهم ولو كان بهم خصاصة ومن يوق شح نفسه فأولئك هم المفلحون * والذين جاءوا من بعدهم يقولون ربنا اغفر لنا ولإخواننا الذين سبقونا بالإيمان ولا تجعل في قلوبنا غلا للذين آمنوا ربنا إنك رؤوف رحيم  (الحشر: 10-8).

“(Harta Fai’) bagi para fuqoro’ yang berhijroh, yang diusir dari kampung halaman dan dari harta benda mereka (karena) mencari karunia Allah dan keridloan (Nya) dan mereka menolong Allah dan RosulNya. Mereka itulah orang-orang yang benar.
Dan orang-orang yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman (Anshor) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin). Mereka mencintai orang-orang yang berhijarah kepada mereka. Dan mereka tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (orang Muhajirin). Dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin) atas diri mereka sendiri. Sekalipun mereka memerlukan (apa yang mereka berikan itu). Dan siapa yang pelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung.
Dan orang-orang yang datang sesudah mereka (Muhajirin dan Anshor) berdo’a: “Ya Tuhan kami, ampunilah kami dan saudara-saudara kami yang telah beriman lebih dahulu daripada kami. Dan janganlah Engkau membiarkan kedengkian dalam hati kami terhadap orang-orang yang beriman. Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang”. (al-Hasyr: 8-10).
 والسابقون الأولون من المهاجرين والأنصار والذين اتبعوهم بإحسان رضي اللـه عنهم ورضوا عنه وأعد لـهم جنات تجري تحتها الأنهار خالدين فيها أبدا ذلك الفوز العظيم. (التوبة: 100).
“Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) diantara orang-orang Muhajirin dan Anshor. Dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridlo kepada mereka, dan mereka pun ridlo kepada Allah. Dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya. Mereka kekal di dalamnya, selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar”. (at-Taubah: 100)
 قل إن كنتم تحبون اللـه فاتبعوني يحببكم اللـه ويغفر لكم ذنوبكم واللـه غفور رحيم  (آل عمران: 31).
“ Katakanlah: “jika kamu (benar-benar mencintai Allah, ikutilah aku; niscaya Allah akan mengasihimu dan mengampuni dosa-dosamu”. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (Ali Imron: 31).
 ومن يشاقق الرسول من بعد ما تبين لـه الـهدى ويتبع غير سبيل المؤمنين نولـه ما تولى ونصلـه جهنم وساءت مصيرا . (النساء: 115).
“ dan barangsiapa yang menentang Rosul sesudah jelas kebenaran baginya, dan mengikuti jalan yang bukan jalan orang-orang mu’min, kami biarkan ia leluasa terhadap kesesatan yang telah dikuasainya itu, dan kami masukkan ia ke dalam neraka Jahannam. Dan neraka Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali”. (an-Nisa’:115).
 قل أطيعوا اللـه وأطيعوا الرسول فإن تولوا فإنما عليه ما حمل وعليكم ما حملتم وإن تطيعوه تهتدوا. وما على الرسول إلا البلاغ المبين . (النور: 54).
“ Katakanlah: “Taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rosul. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya kewajiban Rosul adalah apa yang dibebankan kepadanya. Dan kewajiban kamu sekalian adalah semata-mata apa yang dibebankan kepada kalian. Jika kalian taat kepadanya, niscaya kalian mendapat petunjuk dan tiada lain kewajiban Rosul melainkan menyampaikan (amanat Allah) dengan terang”.
(an-Nur : 54).
 وأن هذا صراطي مستقيما فاتبعوه ولا تتبعوا السبل فتفرق بكم عن سبيلـه ذلكم وصاكم به لعلكم تتقون . (الأنعام: 153).
“ Dan bahwa (yang kami perintahkan) ini adalah jalanKu yang lurus, maka ikutlah dia. Dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), karena jalan-jalan itu menceraiberaikan kamu dari jalanNya. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu bertaqwa”.
(al-An’am ; 153).
Dan sebagian penafsiran dari ayat-ayat di atas adalah:
  قل إن كنتم تحبون اللـه… هذه الآية الكريمة حاكمة على كل من ادعى محبة اللـه وليس هو على الطريقة المحمدية فإنه كاذب في دعواه في نفس الأمر حتى يتبع الشرع المحمدي والدين النبوي في جميع أقوالـه وأفعالـه كما ثبت في الصحيح عن رسول اللـه  أنه قال: من عمل عملا ليس عليه أمرنا فهو رد. وقد قال ابن أبي حاتم: حدثنا أبي حدثنا علي بن محمد الطنافسي حدثنا عبد اللـه ابن موسى بن عبد الأعلى بن أعين عن يحيى بن أبي كثير عن عروة عن عائشة رضي اللـه عنها, قالت: قال رسول اللـه  وهل الدين إلا الحب في اللـه والبغض في اللـه. (تفسير ابن كثير: جـ:1/ صـ: 358).
  ومن يشاقق الرسول … دلت هذه الآية على أنه يجب الاقتداء بالرسول عليه الصلاة والسلام في أفعالـه إذ لو كان فعل الأمة غير فعل الرسول لزم كون كل واحد منهما في شق آخر من العمل فتحصل المشاقة لكن المشاقة محرمة فيلزم وجوب الاقتداء به في أفعالـه. (التفسير الكبير: جـ: 11/ صـ:35).
 أي ومن سلك غير طريق الشريعة التي جاء بها الرسول  فصار في شق والشرع في شق وذلك من عمد منه بعد ما ظهر لـه الحق وتبين لـه واتضح لـه. وقولـه (ويتبع غير سبيل المؤمنين…) هذا ملازم للصفة الأولى ولكن قد تكون المخالفة لنص الشارع وقد تكون لما اجتمعت عليه الأمة المحمدية فيما علم اتفاقهم عليه تحقيقا فإنه قد ضمنت لـهم العصمة في اجتماعهم من الخطأ تشريفا لـهم وتعظيما لنبيهم وقد وردت أحاديث صحيحة كثيرة في ذلك. ومن العلماء من ادعى تواتر معناها والذي عول عليه الشافعي رحمه اللـه في الاحتجاج على كون الإجماع حجة تحرم مخالفته.(تفسير ابن كثير: جـ: 1/صـ:555).
  قل أطيعوا اللـه وأطيعوا الرسول… أي اتبعوا كتاب اللـه وسنة رسولـه. وقولـه:
 فإن تولوا… أي تتولوا عنه وتتركوا ما جاءكم به.  فإنما عليه ما حمل  أي إبلاغ الرسالة وأداء الأمانة  وعليكم ما حملتم  أي بقبول ذلك وتعظيمه والقيام بمقتضاه
 وإن تطيعوه تهتدوا  وذلك لأنه يدعو إلى صراط مستقيم. (تفسير ابن كثير: جـ:3/صـ:299).
  وإن هذا صراطي مستقيما… دخل فيه كل ما بينه الرسول  من دين الإسلام وهو المنهج القويم والصراط المستقيم, فاتبعوا جملته وتفصيلـه ولا تعدلوا عنه فتقعوا في الضلالات. وعن ابن مسعود عن النبي  أنه خط خطا ثم قال: هذا سبيل الرشد ثم خط عن يمينه وعن شمالـه خطوطا ثم قال: هذه سبل على كل سبيل منها شيطان يدعو إليه, ثم تلا هذه الآية:  وأن هذا صراطي مستقيما فاتبعوه . وعن ابن عباس هذه الآيات محكمات لم ينسخن شيء من جميع الكتب. من عمل بهن دخل الجنة ومن تركهن دخل النار. هذه الآية تدل على أن كل ما كان حقا فهو واحد. (التفسير الكبير: جـ: 14/صـ:4).
  وأن هذا صراطي مستقيما فاتبعوه  يعني وأن هذا الذي وصيتكم به في هاتين الآيتين هو صراطي يعني طريقي وديني الذي ارتضيته مستقيما يعني قويما لا اعوجاج فيه فاتبعوه يعني فاعملوا به وقيل: إن اللـه تعالى لما بين في الآيتين المتقدمتين ما وصى به مفصلا أجملـه في هذه الآية إجمالا يقتضي دخول جميع ما تقدم ذكره فيه ويدخل فيه أيضا جميع أحكام الشريعة وكل ما بينه رسول اللـه  من دين الإسلام وهو المنهج القويم والصراط المستقيم والدين الذي ارتضاه اللـه لعباده المؤمنين وأمرهم باتباع جملته وتفصيلـه.  ولا تتبعوا السبل  يعني الطرق المختلفة والأهواء المضلة والبدع الرديئة. وقيل: السبل المختلفة مثل اليهودية والنصرانية وسائر الملل والأديان المخالفة لدين الإسلام. (فتفرق بكم عن سبيلة) يعني فتميل بكم هذه الطرق المختلفة المضلة عن دينه وطريقه الذي ارتضاه لعباده. روى البغوي بسنده عن ابن مسعود قال: خط لنا رسول اللـه  خطا ثم قال: هذا سبيل اللـه ثم خط خطوطا عن يمينه وعن شمالـه وقال: هذه سبل على كل سبيل منها شيطان يدعو إليه وقرأ (وأن هذا صراطي مستقيما فاتبعوه ولا تتبعوا السبل … الآية).(ذلكم وصاكم به) يعني باتباع دينه وصراطه الذي لا اعوجاج فيه. (لعلكم تتقون) يعني الطرق المختلفة والسبل المضلة. قال ابن عباس: هذه الآيات محكمات في جميع الكتب لم ينسخن شيء وهن محرمات على بني آدم كلـهم وهن أم الكتاب. من عمل بهن دخل الجنة ومن تركهن دخل النار. (تفسير الخازن: جـ:2/ صـ:66).
 (للفقراء المهاجرين …) واعلم: أن هذه الآيات قد استوعبت جميع المؤمنين لأنهم إما المهاجرون أو الأنصار أو الذين جاءوا من بعدهم وبين أن من شأن من جاء من بعد المهاجرين والأنصار أن يذكر السابقين وهم المهاجرون والأنصار بالدعاء والرحمة فمن لم يكن كذلك بل ذكرهم بسوء كان خارجا من جملة أقسام المؤمنين بحسب نص هذه الآية. (التفسير الكبير: جـ: 29/صـ: 250).
 ( والذين جاءوا من بعدهم …) حدثنا بشر قال: ثنا يزيد قال: ثنا سعيد عن قتادة قال ثم ذكر اللـه الطائفة الثالثة فقال والذين جاءوا من بعدهم يقولون ربنا اغفر لنا ولإخواننا حتى بلغ إنك رؤوف رحيم إنما أمروا أن يستغفروا لأصحاب النبي  ولم يؤمروا بسبهم وذكر لنا أن غلاما لحاطب بن أبي بلتعة جاء نبي اللـه , فقال: يا نبي اللـه ليدخلن حاطب في حي النار, قال: كذبت إنه شهد بدرا والحديبية وذكر لنا أن عمر بن الخطاب رضي اللـه عنه أغلظ لرجل من أهل بدر, فقال نبي اللـه : وما يدريك يا عمر لعلـه قد شهد مشهدا اطلع اللـه فيه إلى أهلـه فأشهد ملائكته أني قد رضيت عن عبادي هؤلاء فليعملوا ما شاءوا فما زال بعدها منقبضا من أهل بدر هائبا لـهم وكان عمر  يقول: وإلى أهل بدر تهالك المتهالكون وهذا الحي من الأنصار أحسن اللـه عليهم الثناء. (تفسير الطبري: جـ:12/صـ:30).
Dengan adanya berbagai penafsiran di atas, dapat dipetik kesimpulan sebagai berikut:
1. Kewajiban bagi orang-orang yang hidup setelah kurun Sahabat Rosululloh SAW. adalah menjaga nama dan kehormatan para Sahabat.
Maka, dengan menimbang ayat 8,9 dan 10 dari surat al-Hasyr, siapapun yang sengaja melontarkan penghinaan pada mereka, dia tidak layak digolongkan pada kelompok mu’minin ash-shodiqin.
2. Pengakuan mahabbah pada Allah SWT haruslah dibuktikan dengan mahabbah pada Rosululloh SAW. dan ini hanya bisa diakui bilamana telah dapat menerjemahkan syari’at Rosululloh saw. (baik ucapan maupun perilaku beliau) dalam kehidupan sehari-hari. Yang menjadi standar dalam segala yang dilakukan dalam hidup ini hanyalah sunnah Rosululloh SAW. walaupun terpaksa harus berbenturan dengan budaya bangsa dan peradaban modern yang jauh dari nilai-nilai agama. Biarpun sangat pahit dan getir, tetap harus berpegang teguh pada ajaran yang telah diwariskan oleh Rosululloh SAW. sebab beliau sendiri yang telah bersabda:
 من تمسك بسنتي عند فساد أمتي فلـه أجر مائة شهيد. رواه البيهقي من رواية الحسن بن قتيبة عن ابن عباس, ورواه الطبراني من حديث أبي هريرة. (الترغيب للمنذري: جـ:1/صـ:80)
 أوصيكم بتقوى اللـه عز وجل والسمع والطاعة وإن أمر عليكم عبد حبشي فإنه من يعش منكم فسيرى اختلافا كثيرا فعليكم بسنتي وسنة الخلفاء الراشدين عضوا عليها بالنواجذ وإياكم ومحدثات الأمور فإن كل بدعة ضلالة. رواه البيهقي عن العرباض بن سارية. (الاعتقاد للإمام البيهقي: صـ:131).
 وعن أبي هريرة رضي اللـه عنه قال: قال رسول اللـه صلى اللـه عليه وسلم: بدأ الإسلام غريبا وسيعود كما بدأ فطوبى للغرباء. رواه مسلم. قال التربشتي: يريد أن الإسلام لما بدأ في أول الوهلة نهض بإقامته والذب عنه ناس قليلون من الصحابة, فشردوهم عن البلاد فأصبحوا غرباء أو فيصبح أحدهم معتزلا مهجورا كالغرباء, ثم يعود آخرا إلى ما كان عليه لا يكاد يوجد من القائلين به إلا الأفراد – والمراد بالغرباء المهاجرون الذين هاجروا إلى اللـه والأظهر أنهم هم الذي يصلحون ما أفسد الناس من بعده من سننه. (مرقاة المفاتيح شرح مشكاة المصابيح: جـ:1/صـ:396).
 وأما معنى طوبى فاختلف المفسرون في معنى قولـه تعالى (طوبى لـهم وحسن مآب), فروي عن ابن عباس رضي اللـه عنهما أن معناه فرح وقرة عين, وقال عكرمة: نعم ما لـهم. وقال الضحاك: غبطة لـهم. وقال قتادة: حسنى لـهم, وعن قتادة أيضا معناه: أصابوا خيرا. وقال إبراهيم: خير لـهم وكرامة. وقال ابن عجلان: دوام الخير. وقيل: شجرة في الجنة. وكل هذه الأقوال محتملة في الحديث. واللـه أعلم. (شرح صحيح مسلم للإمام النووي: جـ:2/صـ:176).
1. Meneladani perilaku dan kepribadian Nabi, belumlah dikatakan benar bilamana tidak sudi mengakui jama’ah yang telah dirintis oleh para Sahabatnya. Karena beliau sendiri telah berpesan: “…pegangilah olehmu Sunnahku dan Sunnah para kholifah yang telah mendapat kebenaran dan petunjuk…”.
Dan Imam Syafi’i, dengan mengaca pada ayat: ويتبع غير سبيل المؤمنين menetapkan ijtihadnya, bahwa apa yang telah menjadi ijma’ul Ummah adalah sebagai Hujjah yang haram ditentang. Maka dari itu, sebagai tasyrif pada ummat Nabi Muhammad SAW. dan ta’dzim pada Nabinya, diwajibkan untuk mengikuti apa yang telah menjadi kemufakatan (Ijma’) dari Sahabat Rosululloh SAW. karena sudah ada jaminan ‘ishmah dari kesalahan atas kesepakatan mereka. Sedangkan terhadap yang masih ada ikhtilaf diantara mereka, boleh untuk tidak diikutinya, namun tetap haram untuk ditentang. Sebab telah disebutkan dalam Hadits:
وعن سعيد بن المسيب عن عمر رضي اللـه عنه قال: سمعت رسول اللـه صلى اللـه عليه وسلم يقول: سألت ربي عز وجل عن اختلاف أصحابي من بعدي, فأوحي إلي: يا محمد إن أصحابك عندي بمنزلة النجوم في السماء بعضها أقوى من بعض ولكل نور. فمن أخذ بشيء مما هم عليه من اختلافهم فهو عندي على هدى. قال: وقال رسول اللـه صلى اللـه عليه وسلم: أصحابي كالنجوم بأيهم اقتديتم اهتديتم. أخرجه رزين. (تيسير الوصول للإمام الديبعي: جـ:3/صـ:260).

4. Sebagai penfsiran dari ayat: (وأن هذا صراطي مستقيما) adalah jalan yang telah dibentangkan oleh Nabi, yakni jalan yang lurus (Ahlussunnah wal Jama’ah) tidak terjebak dalam ekstrim kanan maupun kiri, karena tiap-tiap golongan kanan dan kiri tersebut (baca: firqoh-firqoh dlolalah dan bid’ah), terdapat setan-setan yang meniupkan kesesatan di dalamnya. Demikianlah yang tersurat dan tersirat dari hadits yang diriwayatkan oleh sahabat Ibnu Mas’ud. Dan menurut pendapat sahabat Ibnu Abbas, ayat di atas adalah termasuk ayat muhkam, tidak termansukh oleh nash apapun (Qur’an maupun Hadits), maka siapapun yang bersedia mengamalkannya, berhak mendapatkan kenikmatan sorga. Sebaliknya yang ingkar dan tak mau mengikutinya (yakni dengan menganut firqoh selain Ahlissunnah), maka tiada tempat yang layak baginya kecuali neraka. Dari ayat di atas, Imam Fachruddin ar-Rozi telah menggariskan bahwa, kebenaran (baca; yang haq) itu hanya satu saja, maka jikalau yang benar cuma satu, maka yang lainnya adalah salah, atau lebih tepatnya dikatakan bid’ah atau dlolalah (sesat).
Jadi, semua golongan selain yang satu (Ahlussunnah) adalah sesat dan tidak layak disebut al-Firqoh al-Najiyyah.
Dalam hal ini, Nabi Muhammad SAW. telah berpesan dalam Haditsnya:
 منها: ما رواه أبو داود في سننه من حديث معاوية بن أبي سفيان رضي اللـه عنه أنه قام فقال: ألا إن رسول اللـه صلى اللـه عليه وسلم قام فينا فقال: ألا إن من كان قبلكم من أهل الكتاب افترقوا على ثنتين وسبعين ملة, وإن هذه الملة ستفترق على ثلاث وسبعين, ثنتان وسبعون في النار وواحدة في الجنة وهي الجماعة وإنه سيخرج من أمتي أقوام تجارى بهم تلك الأهواء كما يتجارى الكلب بصاحبه لا يبقى منه عرق ولا مفصل إلا دخل.
 وفي رواية أخرى: عن عبد اللـه بن عمرو قال رسول اللـه صلى اللـه عليه وسلم: ليأتين على أمتي ما أتى على بني إسرائيل حذو النعل بالنعل حتى أن كان منهم من أتى أمه علانية ليكونن في أمتي من يصنع ذلك, وأن بني إسرائيل تفرقت على ثنتين وسبعين ملة, وتفرق أمتي على ثلاث وسبعين ملة كلـها في النار إلا ملة واحدة. قالوا: من هي يا رسول اللـه؟, قال: ما أنا عليه وأصحابي. (دراسة عن الفرق: صـ: 23).
Hadits di atas walaupun tidak diriwayatkan oleh Bukhori-Muslim, atau sulit dirasionalkan, bukan berarti ditolak keshohihannya. Sebab, disamping hadits tersebut telah masyhur yang telah diriwayatkan oleh berbagai Imam yang saling memperkuat, para ulama’ sepakat bahwa referensi hadits bukan hanya pada Bukori-Muslim saja, namun bisa dari Kutubul Hadits lainnya, seperti: Sunan Tirmidzi, Nasa’I, Ibnu Majah, Musnad Imam Ahamd, Muwattho’ Imam Malik dan lainnya juga bisa dijadikan pegangan. Dan sangat kronis sekali bila rasio dijadikan alat untuk menghakimi shohih dan tidaknya sebuah Hadits. Sama sekali cara demikian tak dikenal dalam dunia Ilmu Hadits.
Memang bisa sedikit dimaklumi bila ada orang yang belum mampu menerima kebenaran hadits “sataftariqu ummati” tersebut, karena memang sulit sekali mendata secara pasti firqoh-firqoh yang ada pada Islam, sesuai dengan bilangan yang disebutkan dalam Hadits. Lantas, apakah karena ketidakmampuan menghitung secara tepat, kemudian menggugat kebenaran hadits tersebut?, mengapa tidak kita katakan bahwa rasio saya belum mampu menerjemahkan hadits tersebut?. Toh, bagaimanapun hebat dan pandainya manusia, pasti memiliki titik kelemahan. Tidak selamanya rasio manusia dapat menjangkau segala yang ada pada kehidupan ini. Ada hal-hal yang justru tak mungkin dapat diterobos dan ditembus oleh makhluq yang dloif ini. Bahkan dengan pengakuan tersebut, adalah sebuah bukti dari kesempurnaan “Washf Basyariyyah” yang merupakan manifestasi mensyukuri/mempergunakan akal. Ataupun hendak membatasi kreatifitas berfikir.
Namun, untuk lebih adilnya dalam mencermati hadits Nabi di atas, di bawah ini terlampir berbagai komentar para Ulama’ mengenai bilangan dari firqoh-firqoh tersebut;
ورغم أن بعض مؤرخي الفرق الإسلامية كابن حزم قد تحرر من أن يحصر نفسه في العدد المذكور في الحديث وأشار إلى خمس فرق فقط: أهل السنة والمعتزلة والمرجئة والشيعة والخوارج. فإن معظمهم وقع تحت تأثير العدد المشار إليه في الأحاديث واعتبرهم غاية يجب الوصول إليها, علما بأن الأحاديث لم تحدد الزمان الذي ستظهر فيه هذه الفرق, ولم تحصر ظهورها جميعا في فترة زمنية محدودة, فالشهر ستاني مثلا يقول: كبار الفرق الإسلامية أربع: القدرية, الصفاتية, الخوارج والشيعة, ويردف ذلك بقولـه: ثم يتركب بعضها وقد أدى هذا إلى وقوع هؤلاء المؤرخين في تناقض واضح واختلاف في أسماء الفرق وعددها ومن تنسب إليهم أو ينتسبون إليها, وللإجابة على السؤال عن هوية هذه الفرق يقول ابن الجوزي: إنا نعرف الافتراق وأصول الفرق, وأن كل طائفة من الفرق قد انقسمت إلى فرق: الحرورية, والقدرية, والجهيمية, والمرجئة, والرافضة والجبرية, وقد قال بعض أهل العلم: "أصل الفرق الضالة هذه الفرق الست, وقد انقسمت كل فرقة منها إلى اثنتي عشرة فرقة فصارت اثنتين وسبعين فرقة".
وقد حقق الشاطبي هذه القضية وعقد فصلا من كتابه الاعتصام في تعيين الفرق وأورد عن الطرطوشي قولـه: إن هذه المسألة طاشت فيها أحلام الخلق, فكثير ممن تقدم وتأخر من العلماء عينوها ولكن في الطوائف التي خالفت في مسائل العقائد, وبعد أن ذكر الطرطوشي أن أصول الفرق ثمانية وأنها تتشعب إلى اثنتين وسبعين قال: "وهذا التعديد بحسب ما أعطته المنة من تكلف المطابقة للحديث الصحيح لا على القطع بأنه المراد إذ ليس على ذلك دليل شرعي ولا دل العقل أيضا على انحصار ما ذكر في تلك العدة من غير زيادة ولا نقصان كما أنه لا دليل على اختصاص تلك البدع بالعقائد. وبعد أن يورد الشاطبي هذا ينتهي إلى عدم تعيين هذه الفرق اللـهم إلا من نبه الشرع على تعيينهم كالخوارج أو دعت الفرقة إلى ضلالتها وحاولت تزيين بدعتها للعوام ومن لا علم عنده فمثل هؤلاء لا بد من ذكرهم وبيان ضلالتهم وأنهم من الفرق الـهالكة.(دراسة عن الفرق: 24).
Dengan adanya berbagai pendapat tersebut, secara tidak langsung juga merupakan sebuah pengakuan atas kebenaran hadits kulluhum finnaar illal waahidah, semuanya di neraka kecuali satu golongan saja. Ini perlu ditekankan, karena ada sementara orang yang melontarkan hadits lain yang justru kontra dengan hadits yang pertama tersebut. Katanya, ada hadits lain yang kelihatannya lebih tolelir pada firqoh-firqoh lainnya, yaitu: …kulluhum fil jannati illal waahidah…padahal dalam pandangan ulama’ ahli hadits, riwayat tersebut sengaja dibuat oleh Abrod bin Asyros, seorang pendusta yang selalu membuat hadits palsu.
حديث تفترق أمتي على سبعين وإحدى وسبعين فرقة كلـهم في الجنة إلا فرقة واحدة الزنادقة والقدرية. قال العلماء: هذا الحديث وضعه الأبرد وسرقه ياسين. والمحفوظ عن رسول اللـه صلى اللـه عليه وسلم من حديث علي بن أبي طالب وسعد بن أبي وقاص وابن عمر وأبي الدرداء ومعاوية وابن عباس وجابر وأبي هريرة وأبي أمامة وواثلة وعوف بن مالك وعمرو بن عوف المزني, كلـها في النار إلا واحدة قالوا: وما تلك الفرقة؟, قال: ما أنا عليه وأصحابي. (أبرد) بن أشرس عن ابن سعيد الأنصاري قال ابن خزيمة: كذاب وضاع. قلت: حديثه تفترق أمتي على ثلاث وسبعين فرقة كلـها في الجنة إلا فرقة واحدة الزنادقة. انتهى. وهذا من الاختصار المجحف المفسد للمعنى وذلك أن المشهور في الحديث كلـها في النار إلا واحدة. (تنزيه الشريعة: جـ:1/ صـ:31 و لسان الميزان: جـ:1/صـ:128).
Jadi, dengan adanya nash shorih di atas, tidak perlu diragukan bahwa selain Ahlussunnah adalah firqoh-firqoh yang sudah pasti sesat dan masuk neraka, karena mereka bertentangan dengan sunnah Nabi. Ini bukannya tidak mau mentolelir sekte non Ahli sunnah, tetapi dalam segi aqidah harus benar-benar disiplin dan bertanggung jawab. Kalau memang benar-benar menyimpang dari ajaran Nabi haruslah dijelaskan dan tidak usah ditutup-tutupi. Sebab, kalau dibiarkan, umat awam tentu akan terpengaruh dalam ajaran sesat. Dan bukankah dengan tidak mengkafirkan mereka sudah lebih dari cukup sebagai toleransi pada mereka? Kecuali mereka yang ajarannya benar-benar kufur, seperti syi’ah Iran yang berkeyakinan tahriful Qur’an dan menjadikan Imamah sebagai rukun Iman, serta meyakini bahwa para Imamnya memiliki kedudukan yang lebih tinggi dari Nabi dan para Malaikat Muqorrobun. Aqidah tersebut jelas-jelas kufur. Maka, jikalau mereka memang meyakini dan tahu betul ajaran tersebut, mereka juga dapat dihukumi kafir. Namun, bila hanya sekedar ikut-ikutan, akan tetapi dia telah mendengar keterangan haramnya mencaci maki Shohabat-sahabat atau masalah lainnya yang berupa amalan / aqidah-aqidah bid’ah, maka orang ini hanya sekedar masuk neraka saja dan tidak kekal, karena ada dzarrotun minal Iman yang menyebabkan dia berhak masuk surga.
Mungkin saja ada yang menggunakan dalih / alasan bahwa, sepanjang tidak dosa syirik, Allah SWT berkenan memberikan ampunan pada siapapun yang dikehendakiNya. Karena dalam al-Qur’an telah disebutkan:
 إن اللـه لا يغفر أن يشرك به ويغفر ما دون ذلك لمن يشاء.
Menanggapi hal ini perlu dimengerti bahwa:
1. Bila yang dikehendaki adalah maghfiroh yang menyebabkan seseorang memperoleh an-Najah secara mutlak, tanpa siksaan neraka, maka tidak dapat memasukkan para ahli bid’ah yang beraliran sesat, yakni yang aqidahnya menyimpang dari sunnah Rosululloh SAW. Jadi, mereka tetap dikenakan siksaan neraka. Dan inipun hanya sekedar meninjau dari segi golongan saja, tidak perindividu. Lebih konkritnya, seorang pengikut sekte non Ahli sunnah ditinjay dari segi kelompoknya dia pantas dikenakan hukuman neraka, namun secara pribadi (mungkin karena memiliki amalan-amalan ikhlas yang menyebabkan ia mendapat Syafa’at) dapat saja selamat dari siksa neraka.
2. Jika yang dimaksud dengan “maghfiroh ba’da dukhulin naar”, ampunan setelah menjalani hukuman neraka, maka bisa saja memasukkan golongan orang-orang non Ahli sunnah, sepanjang tersisa dzarrotun minal Iman pada diri mereka.
Jika segala pertanyaan di atas, adalah berlandaskan pada fatwa para Ulama’, dhohirnya nash-nash hadits yang shorih serta isyarat-isyarat dari Qur’an yang telah disebutkan dalam keterangan yang telah lalu. Dan untuk lebih meyakinkan kebenaran pertanyaan di atas, maka di bawah ini tercantum dalil-dalil yang berkaitan dengan masalah tersebut;
من يطع الرسول فقد أطاع اللـه ومن تولى فما أرسلناك عليهم حفيظا. (النساء: 80).
“Barang siapa yang mentaati Rosul itu, sesungguhnya ia telah mentaati Allah. Dan barang siapa yang berpaling (dari ketaatan itu), maka kami tidak mengutusmu untuk menjadi pemelihara bagi mereka”.
(QS. An-Nisa’: 80)
ولا تكونوا كالذين تفرقوا واختلفوا من بعد ما جاءهم البينات وأولئك لـهم عذاب عظيم. (آل عمران: 105).
“ Dan janganlah kamu menyerupai orang-orang yang bercerai-berai dan berselisih sesudah datang keterangan yang jelas kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yang mendapat siksa yang berat”. (Ali Imron: 105).
فلا وربك لا يؤمنون حتى يحكموك فيما شجر بينهم ثم لا يجدوا في أنفسهم حرجا مما قضيت ويسلموا تسليما. (النساء: 65).
“ Maka dari Tuhanmu, mereka (pada hakekatnya) tidak beriman hingga mereka menjadikan kamu hakim dalam segala perkara yang mereka perselisihkan kemudian mereka tidak merasa keberatan dalam hati mereka terhadap putusan yang kamu berikan, dan mereka menerima dengan sepenuhnya”. (an-Nisa’:65).
 (…ومن تولى…)أي ما عليك منه شيء إن عليك إلا البلاغ فمن اتبعك سعد ونجا وكان لك من الأجر نظير ما حصل لـه ومن تولى عنك خاب وخسر وليس عليك من أمره شيء كما جاء في الحديث "من يطع اللـه ورسولـه فقد رشد ومن يعص اللـه ورسولـه فإنه لا يضر إلا نفسه". (تفسير ابن كثير: صـ:528).
 (… ومن يطع الرسول…) وهذا إعذار من اللـه إلى خلقه في نبيه محمد  يقول اللـه تعالى ذكره لـهم من يطع منكم أيها الناس محمدا فقد أطاعني بطاعته إياه فاسمعوا قولـه وأطيعوا أمره فإنه مهما يأمركم به من شيء فمن أمري يأمركم وما نهاكم عنه من شيء فمن نهيي. (تفسير الطبري: جـ:4/صـ:112).
 (ولا تكونوا…) ينهى تبارك وتعالى هذه الأمة أن يكونوا كالأمم الماضيين في افتراقهم واختلافهم وتركهم الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر مع قيام الحجة عليهم. قال الإمام أحمد: حدثنا أبو المغيرة حدثنا صفوان حدثني أزهر بن عبد اللـه الـهروي عن أبي عامر عبد اللـه بن يحيى قال: حججنا مع معاوية بن أبي سفيان فلما قدمنا مكة قام حين صلى صلاة الظهر فقال: إن رسول اللـه  قال: "إن أهل الكتابين افترقوا في دينهم على ثنتين وسبعين ملة وإن هذه الأمة ستفترق على ثلاث وسبعين ملة - يعني الأهواء كلـها في النار إلا واحدة - وهي الجماعة - وإنه سيخرج في أمتي أقوام تتجارى بهم الأهواء كما يتجارى الكلب بصاحبه لا يبقى منه عرق ولا مفصل إلا دخلـه". واللـه يا معشر العرب لئن لم تقوموا بما جاء به نبيكم  لغيركم من الناس أحرى أن لا يقوم به. (تفسير ابن كثير: جـ:1/ صـ:390).
 (فلا وربك لا يؤمنون…)فليس الأمر كما يزعمون أنهم يؤمنون بما أنزل إليك وهم يتحاكمون إلى الطاغوت ويصدون عنك إذا دعوا إليك - وربك يا محمد لا يؤمنون أي لا يصدقون بي وبك وبما أنزل إليك حتى يحكموك فيما شجر بينهم يقول حتى يجعلوك حكما بينهم فيما اختلط بينهم من أمورهم. (تفسير الطبري: جـ: 4/صـ:100).
 ونرى الجماعة حقا وصوابا والفرقة زيغا وعذابا……خرج رسول اللـه  على أصحابه ذات يوم وهم يختصمون في القدر هذا ينزع بآية وهذا ينزع بآية, فكأنما فقئ في وجهه حب الرمان, فقال: أبهذا أمرتم؟, أم بهذا وكلتم؟, أن تضربوا كتاب اللـه بعضه ببعض؟, انظروا ما أمرتم به فاتبعوه, وما نهيتم عنه فانتهوا. وفي رواية: يا قوم! بهذا ضلت الأمم قبلكم , باختلافهم على أنبيائهم وضربهم الكتاب بعضهم ببعض, وإن القرآن لم ينزل لتضرب بعضه من بعض, ولكن نزل القرآن يصدق بعضه بعضا, ما عرفتم منه فاعملوا به وما تشابه فآمنوا به. وفي رواية: فإن الأمم قبلكم لم يلعنوا حتى اختلفوا وإن المراء في القرآن كفر. وهو حديث مشهور مخرج في المسانيد والسنن. (شرح العقيدة الطحاوية: 614).
 الفرقة الناجية هم الآخذون في العقيدة والعمل جميعا بما ظهر من الكتاب والسنة وجرى عليه جمهور الصحابة والتابعين وإن اختلفوا فيما بينهم فيما لم يشتهر فيه نص ولا ظهر من الصحابة اتفاق عليه استدلالا منهم ببعض ما هنالك أو تفسيرا لمجملـه. وغير الناجية كل فرقة انتحلت عقيدة خلاف عقيدة السلف أو عملا دون أعمالـهم, قولـه : لا تجتمع هذه الأمة على الضلالة وقولـه : يبعث اللـه لـهذه الأمة على كل مائة سنة من يجدد لـها دينها. وتفسيره في حديث آخر: يحمل هذا العلم من كل خلف عدولـه ينفون عنه تحريف الغالين وانتحال المبطلين وتأويل الجاهلين. اعلم, أن الناس لما اختلفوا في الدين وأفسدوا في الأرض قرع ذلك باب جود الحق فبعث محمدا  وأراد بذلك إقامة الملة العوجاء ثم لما توفي النبي  صارت تلك العناية بعينها متوجهة إلى حفظ علمه ورشده فيما بينهم فأورثت فيهم الـهامات وتقريبات ففي حظيرة القدس داعية لإقامة الـهداية فيهم ما لم تقم الساعة فوجب لذلك أن يكون فيهم لا محالة أمة قائمة بأمر اللـه وأن لا يجتمعوا على الضلالة بأسرهم وأن يحفظ القرآن فيهم وواجب اختلاف استعدادهم أن يلحق بما عندهم مع ذلك شيء من التغير فانتظرت العناية لناس مستعدين قضى لـهم بالتنويه فأورثت في قلوبهم الرغبة في العلم ونفي تحريف الغالين وهو إشارة إلى التشدد والتعمق وانتحال المبطلين وهو إشارة إلى الاستحسان وخلط ملة بملة وتأويل الجاهلين وهو إشارة إلى التهاون وترك المأمور به بتأويل ضعيف.
(حجة اللـه البالغة لولي اللـه الدهلوي: جـ:1/صـ:170).
 ليست السنة اسما في الحقيقة لمذهب خاص من الكلام ولكن المسائل التي اختلف فيها أهل القبلة وصاروا لأجلـها فرقا متفرقة وأحزابا متحزبة بعد انقيادهم لضروريات الدين على قسمين, قسم نطقت به الآيات وصحت به السنة وجرى عليه السلف من الصحابة والتابعين فلما ظهر إعجاب كل ذي رأي برأيه وتشعبت بهم السبل اختار قوم ظاهر الكتاب والسنة وعضوا بنواجذهم على عقائد السلف ولم يبالوا بموافقتها للأصول العقلية ولا مخالفتها لـها فإن تكلموا بمعقول فلإلزام الخصوم والرد عليهم أو لزيادة الطمأنينة لا لاستفادة العقائد منها وهم أهل السنة وذهب قوم إلى التأويل والصرف عن الظاهر حيث خالفت الأصول العقلية بزعمهم فتكلموا بالمعقول لتحقق الأمر وتبينه على ما هو عليه إلخ. (حجة اللـه: جـ: 1/صـ:9).
 سبعة لعنهم اللـه وكل نبي مجاب: الزائد في كتاب اللـه والمكذب بقدر اللـه والمستحل حرمة اللـه والمستحل من عترتي ما حرم اللـه والتارك لسنتي والمستأثر بالفيء والمتجبر بسلطانه ليعز من أذل اللـه ويذل من أعز اللـه. أخرجه الطبراني عن عمرو بن شغوي. (فيض القدير: جـ:4/صـ:92).
 واعلم: أنه كما تفرق أهل الكتاب واختلفوا في دينهم فقد تفرقت هذه الأمة, واختلفت أيضا على وفق ما أخبر به رسول اللـه صلى اللـه عليه وسلم في قولـه: افترقت اليهود على إحدى وسبعين فرقة وافترقت النصارى على اثنتين وسبعين فرقة وستفترق أمتي على ثلاث وسبعين فرقة كلـها في النار إلا فرقة واحدة وقد افترقت هذه الأمة على هذا العدد من زمان قديم وتم ما وعد به الصادق الأمين على وحي اللـه تعالى وتنزيلـه صلى اللـه عليه وسلم ولما سئل عليه الصلاة والسلام عن الفرقة الناجية من هي؟, قال: التي تكون على مثل ما أنا عليه وأصحابي. وأمر عليه الصلاة والسلام عند الاختلاف بلزوم السواد الأعظم وهو الجمهور الأكثر من المسلمين. ولم يزل أهل السنة بحمد اللـه تعالى من الزمان الأول إلى اليوم هم السواد الأعظم, وصح أنهم الفرقة الناجية بفضل اللـه لذلك, ولملازمتهم للكتاب والسنة, وما كان عليه السلف الصالح من الصحابة والتابعين رضوان اللـه عليهم أجمعين. وبعد فإنا والحمد للـه قد رضينا باللـه ربا وبالإسلام دينا وبمحمد نبيا ورسولا وبالقرآن إماما وبالكعبة قبلة وبالمؤمنين إخوانا وتبرأنا من كل دين يخالف دين الإسلام وآمنا بكل كتاب أنزلـه اللـه وبكل رسول أرسلـه اللـه وبملائكة اللـه وبالقدر خيره وشره وباليوم الآخر وبكل ما جاء به محمد رسول اللـه صلى اللـه عليه وسلم عن اللـه على ذلك نحيا وعليه نموت وعليه نبعث إن شاء اللـه من الآمنين الذين لا خوف عليهم ولا هم يحزنون بفضلك اللـه يا رب العالمين. (النصائح الدينية: 25-24. طـ.دار الحاوي).
Setelah mengungkapkan berbagai bentuk ibarat yang obyektif dan berhaluan salaf, maka dapat dirangkumkan beberapa intisari yang berkenaan dengan Ahlussunnah dan ajarannya. Namun perlu dicamkan, bahwa konsep yang tertuang di bawah ini adalah “ ‘ala thoriqatil mutaqoddimin”, yakni berkiblat pada prinsip yang telah dirintis oleh para Ulama’ Ahli Hadits yang benar-benar ditempuh oleh Ahli Kalam yang terkadang meragukan kebenaran Aqidah Ahlil Hadits hanya gara-gara berbenturan dengan logika Yunani maupun falsafah kaum orientalis. Sampai rumusan Ahlissunnah yang telah dibakukan oleh Syeikh Hasyim Asy’ari yang dengan maksud memudahkan kalangan awam untuk mengenal aswaja malah digugat dan dilemahkan oleh kalangan manusia modern yang hanya ingin meruntuhkan sendi-sendi ajaran Ahlussunnah, dengan alasan supaya rumusan Ahlussunnah lebih kelihatan luas dan mampu memasukkan sekte-sekte dalam Islam, sehingga nantinya Syi’ah, Khowarij, Mu’tazilah dan lainnya bisa masuk dalam al-Firqoh an-Najiyyah. Katanya, “rumusan Kyai Hasyim itu tidak Jami’ mani’, sehingga belum benar-benar dapat dipertanggung jawabkan keilmiyahannya”. Padahal ta’rif dari KH. Hasyim Asy’ary adalah ta’rif bil-laazim sehinyya sangat riskan sekali bila harus digugat dengan logika manthiq.
Karena hanya metode Imam Asy’ary dan Maturidy saja yang benar-benar khidmah pada rumusan Ahlussunnah yang telah dirintis oleh para Ahli Hadits, maka untuk lebih mempermudah mengkaji ilmu Taukhid yang bersih dari faham-faham bid’ah, dianjurkan untuk taqlid pada Imam Asy’ary dan Maturidy. Maka lebih praktisnya, predikat Ahlissunnah dihadiahkan pada Asy’ariyyah dan Maturidiyyah, penganut Imam Asy’ary dan Maturidy karena jasa-jasa mereka tersebut.

AJARAN-AJARAN AHLUSSUNNAH WAL JAMA’AH

Diantara ajaran Ahlussunnah adalah:
1. Megimani dan mengamalkan semuaq yang datang dari Rosulillah saw. Baik yang tercantum di al-Qur’an ataupun di Hadits sebagai bukti dari sikap ‘ubudiyyah pada Allah SWT.
2. Tidak mencaci makai para Sahabat Nabi, tetapi menghormati dan memintakan ampunan untuk mereka.
3. Bersedia untuk taqlid pada Ijtihad para Ulama’ Madzahib dalam berbagai masa’il diniyah fiqhiyyah, disamping mempelajari dalil-dalilnya.
4. Mengimani ayat-ayat mutasyabihat tanpa berusaha untuk mena’wil yang sampai pada batas mentasybihan maupun penta’thilan (menafikan sifat-sifat Allah)
5. Meyakini bahwa al-Qur’an adalah Kalamullah al-Qadim, tidak makhluk dan tidak mengalami perubahan.
6. Tidak beranggapan bahwa Imamah adalah rukum Iman, namun sebagai kewajiban / dlarurah ‘aammah demi kemashlahatan ummat untuk menjalankan syari’at Islam.
7. Mengakui kekhilafan Khulafaur Rasyidin (Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali).
8. Mencintai ahlul bait Rasulullah SAWdengan tanpa lewat jalur Syi’ah (dibatasi pada 12 imam dan mengkafir-kafirkan sahabat).
9. Mempercayai bahwa besok di Akhirat orang mu’min dapat melihat Allah SWT sebagaimana dalam firman-firmanNya.
10. Tidak mengingkari pada bolehnya tawassul dan adanya karomah Auliya’.
11. Tidak membenarkan ajaran taqiyyah, yakni melahirkan sesuatu yang bertentangan dengan nurani hanya untuk menipu ummat Islam.
12. Percaya bahwa sebaik kurun / periode adalah masa Rasulullah SAW setelah itu adalah Sahabatnya, setelahnya adalah Tabi’in…Tabi’it Tabi’in … dan seterusnya.
Dan masih banyak beberapa ajaran Ahlussunnah yang tercantum dalam kitab-kitab salaf. Untuk itu, bagi kalangan pesantren (khususnya) dan warga nahdliyyin (umumnya), kamu mohon untuk mengkaji kitab Sulam Taufiq, ‘Aqidatul Awwam, al-Jawahirul Kalamiyyah, Jauharotul Tauhid, al-Hushunul Hamidiyyah, al-Aqidah at Thohawiyyah, an-Nashaa’ihud Diiniyyah, Riyadlus Sholihin, Ibnu Abi Jamroh, Adzkaarun Nawaawi, Tasiirul Jalalain, dan lain sebagainya. Dan sebagai permohonan, kami persilahkan para tokoh masyarakat untuk menelaah kitab Syawahidul Haq dan kitab al-Asaaliib al-Badi’ah, Addurul Fariid Syarah Jauharotut Taukhid dan juga kitab hadits tafsir yang kesemuanya menutur jelas akan fadloilus Shohabah. Rodliyallahu ‘anhum ajma’in.
قال الإمام السيد الحبيب عبد اللـه بن علوي الحداد رضي اللـه عنه ونفعنا به في خاتمة كتابه العظيم "النصائح الدينية": (خاتمة الكتاب): في عقيدة وجيزة جامعة نافعة إن شاء اللـه تعالى على سبيل الفرقة الناجية وهم أهل السنة والجماعة والسواد الأعظم من المسلمين. الحمد للـه وحده وصلى اللـه على سيدنا محمد وآلـه وصحبه وسلم. (وبعد) فإنا نعلم ونعتقد ونؤمن ونوقن ونشهد أن لا إلـه إلا اللـه وحده لا شريك لـه إلـه عظيم ملك كبير لا رب سواه ولا معبود إلا إياه قديم أزلي دائم أبدي لا ابتداء لأوليته ولا انتهاء لآخريته أحد صمد لم يلد ولم يولد ولم يكن لـه كفوا أحد لا شبيه لـه ولا نظير وليس كمثلـه شيء وهو السميع البصير - إلى أن قال – وأن يؤمن بشفاعة الأنبياء ثم الصديقين والشهداء والعلماء والصالحين والمؤمنين وأن الشفاعة العظمى مخصوصة بمحمد صلى اللـه عليه وسلم وأن يؤمن بإخراج من دخل النار من أهل التوحيد حتى لا يخلد فيها من في قلبه مثقال ذرة من إيمان وأن أهل الكفر والشرك مخلدون في النار أبد الأبدين ولا يخفف عنهم العذاب ولا هم ينظرون وأن المؤمنين مخلدون في الجنة أبدا سرمدا لا يمسهم فيها نصب وما هم منها بمخرجين وأن المؤمنين يرون ربهم في الجنة بأبصارهم على ما يليق بجلالـه وقدس كمالـه وأن يعتقد فضل أصحاب رسول اللـه صلى اللـه عليه وسلم وترتيبهم وأنهم عدول خيار أمناء لا يجوز سبهم ولا القدح في أحد منهم وأن الخليفة الحق بعد رسول اللـه صلى اللـه عليه وسلم أبو بكر الصديق ثم عمر الفاروق ثم عثمان الشهيد ثم علي المرتضى رضي اللـه عنهم وعن أصحاب رسول اللـه صلى اللـه عليه وسلم أجميعن وعن التابعين لـهم بإحسان إلى يوم الدين وعنا معهم برحمتك اللـهم يا أرحم الراحمين.
وقال في رسالة المعاونة: وهي بمحمد اللـه عقيدتنا وعقيدة إخواننا من السادة الحسينين المعروفين بآل أبي علوي وعقيدة أسلافنا من لدن رسول اللـه  إلى يومنا هذا.
BUDAYA AHLUSSUNNAH
Berbaur dan bertebarnya berbagai kultur, menjadikan pemandangan semu (pseudo) antara kultur yang sebenarnya ajaran Rasulullah SAW dan kultur yang muncul setelah Rasulullah SAW wafat sehingga muncul berbagai pertentangan. Sepertinya yang satu sebagai pembela dan lainnya sebagai penentang. Satunya merasa tersingkir dan yang lainnya merasa memdominasi. Terlepas dari praduga dan pretensi di atas, Ahlussunnah wal-Jama’ah tetap mempunyai karakteristik yang menonjol diantara model-model /type-type kultur lain yang muncul karena proses sejarah misalnya. Atau sengaja dilahirkan oleh suatu golongan untuk mempertahankan otoritasnya.
Ciri-ciri spesifik yang menonjol dan dipertahankan Ahlussunnah wal-Jama’ah adalah banyak sekali. Sehingga ciri-ciri tersebut menjadi tanda khusus yang membedakan Ahlussunnah dan lainnya.
Namun sebelum sampai pada penjabaran budaya Ahlussunnah, perlu sekali diketahui bentuk-bentuk tradisi masyarakat yang tidak mencerminkan budaya Ahlussunnah, agar dihindari oleh warga Ahlussunnah. Di antarnya adalah:
1. Mengagung-agungkan berbagai kesenian yang munkar, seperti seni musik, seni rupa, wayang, kethoprak, ludruk, seni tari, dsb.
2. Mencurahkan segala daya dan upaya untuk mengkaji pengetahuan ilmu umum sampai menelantarkan pendidikan agama yang merupakan bekal untuk meraih kesejahteraan dunia akhirat.
3. Semaraknya Musabaqoh Tilawatil Qur’an dengan menekankan model irama yang menghilangkan ketajwidan al-Qur’an dan at-Tadabbur. Dan celaka lagi musabaqoh tersebut dijadikan sebagai sarana untuk ikhtilath bainar rijaal wan nisaa’/ ajang menampilakan alunan suara wanita.
4. Ditinggalkannya pelatihan diri dan perlombaan yang mengarah pada persiapan membela agama dan negara, seperti latihan naik kuda, memanah (munadlolah) dan lain-lain.
5. Terlalu menghabiskan waktu untuk memperhatikan perlombaan yang sifatnya hanya gerak badan saja dan hura-hura, sampai mengenaympingkan urusan sholat, seperti sepak bola dan lain-lain.
Sedangkan budaya yang merupakan ciri khas Ahlussunnah adalah:
1. Meramaikan bulan suci Romadlon dengan pengkajian kitab-kitab Hadits, Tafsir maupun lainnya serta bertadarus al-Qur’an dan sholat Tarawih.
2. Menjalankan qunut subuh biarpun terdapat khilafiyyah antara para Ulama’ dalam masalah tersebut.
3. Menempatkan putra-putri sunniyyin di pondok-pondok pesantren maupun madrasah diniyyah untuk mengkaji dan menghidupkan ilmu agama.
4. Adanya beberapa thoriqoh demi taqorrub ilalloh, namun dengan syarat tidak terjadi ikhtilath antara lelaki dan perempuan atau fanatik berlebihan.
5. Memperhatikan jama’ah sholat fardlu di Masjid dan surau-surau pada awwal waktu, dan harus ikhlas serta khusyu’ didalam menjalankanya.
6. Ziarah kubur Auliya’ untuk bertawassul dengan tanpa adanya hal-hal munkar, Tahlilan, Berzanjenan dan manaqiban, namun dengan syarat tidak berlebihan dalam I’tiqodnya pada syekh Abdul Qodir, seperti membaca dengan serentak “Syekh Abdul Qodir Waliyulloh” setelah membaca dua kalimat Syahadat. Dan amalan-amalan di atas tidaklah budaya Syi’ah, sebab ziarahnya orang syi’ah tidak memakai bacaan ayat-ayat al-Qur’an, juga tidak membaca tahlil tasbih tahmid, bisanya cuma memberi kata-kata pujaan berlebihan pada Imam-imam mereke. Dan dalam berzanji maupun diba’ disebutkan pujian terhadap sahabat Nabi SAW. Di samping itu, Syekh ad-Dziba’I mempunyai kitab hadits bernama Taisirul Wushul yang di dalamnya disebutkan fadloilus shohabat, dan shohabat Abu Bakar ditempatkan pada peringkat pertama. Sedangkan Qoshidah نحن جيران بذا الحرم إلخ itu adalah milik al-Habib Abdulloh al-Haddad yang telah kami nukilkan aqidahnya yang berhaluan ahlussunnah wal jama’ah.
7. Menyantuni anak yatim, faqir miskin maupun para janda yang punya anak banyak, serta melindungi mereka dari penindasan.
8. Bagi alumni pesantren hendaknya sering sowan kepada gurunya untuk konsultasi dengan memohon petunjuk di dalam menjalankan da’wahnya. Demikian pula bagi para kiainya hendaknya mengunjungi / mengecek mereka; apakah benar-benar sudah melaksanakan tugasnya dengan baik.
9. Takbiran pada malam hari raya ddengan tanpa diikuti penabuhan beduk. Sebab mengiringi dzikrulloh dengan tabuhan adalah bid’ah. Apalagi aalatul malaahi.
10. Mempermudah urusan Haji dan Umroh sehingga tidak menimbulkan keresahan dikalangan kaum Muslimin.
11. Mengadakan bahtsul masa’il dengan dihadiri tokoh yang benar-benar ahli dalam bidang agama. Mengamalkan ru’yatul hilal untuk mengetahui awwal Romadlon dan Syawwal.
12. Mendirikan paguyuban keluarga demi mempererat persaudaraan.
13. Menghafalkan al-Qur’an dengan memperhatikan tajwidnya, dan lain sebagainya.
قال الإمام الغزالي في الإحياء: الثاني: المبتدع الذي يدعو إلى بدعته. فإن كانت البدعة بحيث يكفر بها فأمره أشد من الذمي لأنه لا يقر بجزية ولا يسامح بعقد ذمة وإن كان ممن لا يكفر به فأمره بينه وبين اللـه أخف من أمر الكافر لا محالة, ولكن الأمر في الإنكار عليه أشد منه على الكفر لأن شر الكافر غير متعد, فإن المسلمين اعتقدوا كفره فلا يلتفتون إلى قولـه إذ لا يدعي لنفسه الإسلام واعتقاد الحق. أما المبتدع الذي يدعوا إلى البدعة ويزعم أن ما يدعو إليه حق فهو سبب لغواية الخلق فشره متعد, فالاستحباب في إظهار بغضه ومعاداته والانقطاع عنه وتحقيره والتشنيع عليه ببدعته وتنفير الناس عنه أشد - إلى أن قال – قال صلى اللـه عليه وسلم: (من انتهر صاحب بدعة ملأ اللـه قلبه أمنا وإبمانا, ومن أهان صاحب بدعة أمنه اللـه يوم الفزع الأكبر, ومن ألان لـه وأكرمه أو لقيه ببشر فقد ا ستخف بما أنزل اللـه على محمد صلى اللـه عليه وسلم). (رواه أبو نعيم في الحلية والـهروي في ذم الكلام من حديث ابن عمر). الثالث: المبتدع العامي الذي لا يقدر على الدعوة ولا يخاف الاقتداء به فأمره أهون فالاولى أن لايقابح بالتغليظ والإهانة بل يتلطف به في النصح. (إحياء علوم الدين: جـ:2/ صـ:184-183).
قال الشيخ هاشم أشعري رحمه اللـه في القانون الأساسي لجمعية نهضة العلماء: وإذا تعين الاعتماد على أقاويل السلف فلا بد من أن تكون أقاويلـهم التي يعتمد عليها مروية بالإسناد الصحيح أو مدونة في كتب مشهورة وأن تكون مخدومة بأن يبين الراجح من محتملاتها ويخصص عمومها في بعض المواضع ويقيد مطلقها في بعض المواضع ويجمع المختلف فيها ويبين علل أحكامها وإلا لم يصح الاعتماد عليها. وليس مذهب في هذه الأزمنة المتأخرة بهذه الصفة إلا هذه المذاهب الأربعة. اللـهم إلا مذهب الإمامية والزيدية وهم أهل البدعة لا يجوز الاعتماد على أقاويلـهم. (صـ: 55-57/ طـ: مارا قدس).

HIMBAUAN

Sebagai akhir makalah ini, kami sampaikan himbauan untuk segenap masyarakat muslim secara indibidu dan organisasi, baik dari kalangan pesantren, kyai-kyai kampung, kota, pemerintah sipil atau militer, NU ataupun lainnya, tua muda; agar mempertahankan Aqidah dan ajaran-ajaran Ahlissunnah wal Jama’ah dan melestarikannya serta meningkatkan kualitas keilmuannya dan pengalamannya. Dan menggalang persatuan dan kesatuan Ahlissunnah yang merupakan mayoritas masyarakat Indonesia, demi kejayaan kita bersama dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara Indonesia menuju tatanan kehidupan yang diridloi Allah ta’ala, damai sejahtera di dunia dan akhirat bersama Rasulullah SAW dan para Sahabatnya, Ahlul Bait dan para pewarisnya, Ulama’, Syuhada’ pendahulu kita yang telah ikut andil besar dalam mewujudkan kemerdekaan negara kita, dengan semangat juang tinggi mencapai cita-cita luhur “Baldatun Thoyyibatun wa Robbun Ghofur” allahumma Amin wal Hamdu lillahi Robbil ‘alamiin.



Sarang, 6 R. Tsani 1417 H.
21 Agustus 1996 M.

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Posting Komentar