مقدمة

إنّ الحمد لله تعالى نحمده، ونستعينه ونستغفره، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا وسيئات أعمالنا، من يهده الله فلا مضلّ له، ومن يضللْ فلا هادي له، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمدا عبده ورسوله.

وبعد :

Alhamdulillah, berkat Taufiq serta Hidayah-Nya, akhirnya blog sederhana ini dapat terselesaikan juga sesuai dengan rencana. Sholawat salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya.

Bermodal dengan keinginan niat baik untuk ikut serta mendokumentasikan karya ilmiah perjuangan Syaikhina Muhammad Najih Maemoen, maka sengaja saya suguhkan sebuah blog yang sangatlah sederhana dan amburadul ini, tapi Insya Allah semua ini tidak mengurangi isi, makna dan tujuhan saya.

Blog yang sekarang ini berada di depan anda, sengaja saya tampilkan sekilas khusus tentang beliau Syaikhina Muhammad Najih Maemoen, mengingat dari Ponpes Al Anwar Karangmangu Sarang sudah memiliki website tersendiri yang mengupas secara umum keberadaan keluarga besar pondok. Tiada lain tiada bukan semua ini sebagai rasa mahabbah kepada Sang Guru Syaikhina Muhammad Najih Maemoen.

Tidak lupa saya haturkan beribu terima kasih kepada guru saya Syaikhina Maemoen Zubair beserta keluarga, terkhusus kepada beliau Syaikhina Muhammad Najih Maemoen yang selama ini telah membimbing dan mengasuh saya. Dan juga kepada Mas Fiqri Brebes, Pak Tarwan, Kak Nu'man, Kang Sholehan serta segenap rekan yang tidak bisa saya sebut namanya bersedia ikut memotifasi awal hingga akhir terselesainya blog ini.

Akhirnya harapan saya, semoga blog sederhana ini dapat bermanfa’at dan menjadi Amal yang di terima. Amin.

Senin, 15 Maret 2010

Perbedaan Prinsip Aswaja-Syi'ah

Seiring orang bertanya: apa perbedaan antara Aqidah Ahlussunnah Waljama’ah dsn aqidah Syi’ah. Dan siapa saja termasuk Ahlusunnah Waljama’ah. Ahlusunnah Waljama’a adalah orang-orang yang berpegang teguh dengan sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW (Shalallahu ‘Alaihi wa alihi Wassalam). Dan mengamalkan perbuatan dan perkataan para sahabatnya yang bersumberdari nabi SAW. Madzhab yang empat: Hanafiyah, Malikiyyah, Syafi’iyyah dan Hanabilah serta seluruh ormas islam yang bernaung dibawah salah satu dari madzhab empat tersebut adalah ahlussunnah waljamaah, atau disingkat Ahlussunnah. Dan yang dimaksud dengan Syi’ah disini yang biasa mengaku madzhabnya, madzhab Ahlu Bait,[1] adalah Syi’ah imamiyyah/Itsna ‘asyariah (Ja’fariyah) yang mempunyai kitab-kitab rujukan standar antara lain: Al Kafi, At tahzib, al Istibshar, Man la yahdhuruhul faqih (fi hadits) dan Wasaailusy Syi’ah (fil Fiqh).

Perbedaan antara Ahlussunah dan Syi’ah, jelas ada dan tidak mungkin dihindari. Yang dapat dihindari, dan harus dihindari adalah perselisihan. Diantara cara menghindarinya adalah keterbukaan. Ahlussunnah (Sunni) berterus terang sebagai Sunnni. Yang Syi’ah, berterus terang sebagai Syi’ah. Cara yang kedua, madzhab yang tua di Indonesia ini yaitu madzhab Ahlusunnah Waljama’ah, madzhab yang bersambung kepada nabi Muhammad SAW, kepada para sahabatnya danjuga tentu kepada para Ahlulbaitnya. Madzhab para Auliyaaullah, madzhab ummat islam yang terbanyak di dunia (Assawadl a’dham), madzhab para wali songo , para Kiyai, para Ulama baik dari orang Indonesia asli atau dari Habaib atau yang lain-lainnya, dan madzhab ummat Islam 99,9 % di Indonesia ini jangan sengaja dirubah-rubah. Dengan demikian Insya Alloh tijdak ada perselisian. Dan tidak ada permusuhan. Baiklah, berikut ini kami catatkan sebagian dari Aqidah Syi’ah yang berbeda dengan aqidah Ahlussunnah/ kaum Muslimin pada umumnya. Harapan dan tujuan kami supaya pengikut Syi’ah bisa lebih mengerti akan aqidahnya dan ahlussunnahpun juga diharap demikian. Selanjutnya kami harap tidak ada lagi orang dengan menggebu mengatakan saya sunni tetapi hati dan kiblatnya adalah Syi’ah, Faman syaa-a Falyu’min wa…”.

Apa-apa yang dicatatkan disini jangan ada tergesa-gesa percaya kecuali setelah melihat kitab-kitab rujukannya. Namun kalau anda tidak memilikinya, anda dapat membacanya apabila ada pameran-pameran kitab.
(Baca Selengkapnya...)

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Posting Komentar