مقدمة

إنّ الحمد لله تعالى نحمده، ونستعينه ونستغفره، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا وسيئات أعمالنا، من يهده الله فلا مضلّ له، ومن يضللْ فلا هادي له، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أن محمدا عبده ورسوله.

وبعد :

Alhamdulillah, berkat Taufiq serta Hidayah-Nya, akhirnya blog sederhana ini dapat terselesaikan juga sesuai dengan rencana. Sholawat salam semoga selalu tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat-sahabatnya.

Bermodal dengan keinginan niat baik untuk ikut serta mendokumentasikan karya ilmiah perjuangan Syaikhina Muhammad Najih Maemoen, maka sengaja saya suguhkan sebuah blog yang sangatlah sederhana dan amburadul ini, tapi Insya Allah semua ini tidak mengurangi isi, makna dan tujuhan saya.

Blog yang sekarang ini berada di depan anda, sengaja saya tampilkan sekilas khusus tentang beliau Syaikhina Muhammad Najih Maemoen, mengingat dari Ponpes Al Anwar Karangmangu Sarang sudah memiliki website tersendiri yang mengupas secara umum keberadaan keluarga besar pondok. Tiada lain tiada bukan semua ini sebagai rasa mahabbah kepada Sang Guru Syaikhina Muhammad Najih Maemoen.

Tidak lupa saya haturkan beribu terima kasih kepada guru saya Syaikhina Maemoen Zubair beserta keluarga, terkhusus kepada beliau Syaikhina Muhammad Najih Maemoen yang selama ini telah membimbing dan mengasuh saya. Dan juga kepada Mas Fiqri Brebes, Pak Tarwan, Kak Nu'man, Kang Sholehan serta segenap rekan yang tidak bisa saya sebut namanya bersedia ikut memotifasi awal hingga akhir terselesainya blog ini.

Akhirnya harapan saya, semoga blog sederhana ini dapat bermanfa’at dan menjadi Amal yang di terima. Amin.

Minggu, 14 Maret 2010

Kerancuan Makalah DR. SAID AQIL. Oleh: KH. Najih Maemoen

I. Dalam pandangan Ulama’, tidaklah dibenarkan membahas beberapa peristiwa yang terjadi diantara para Sahabat Nabi, apalagi mengomentari, mengkritik, dan merendahkan mereka gara-gara pertentangan dan fitnah yang terjadi pada waktu itu. Sebab, pembahasan itu tidaklah menjadi suatu aqidah dan sangat tidak bermanfaat. Bahkan justru bisa melemahkan keyakinan. Maka tidak diperkenankan mendalaminya, kecuali untuk menolak faham sesat bid’ah.

(ولا تخض) أي لا تبحث (فيما جرى بين الصحاب) من الموافقة والمخالفة، لأن البحث عنه ليس من العقائد الدينية ولا من القواعد الكلامية، وليس مما ينتفع به في الدين بل ربما أضر باليقين، فلا يباح الخوض فيه إلا للتعليم أو للرد على المتعصبين أو تدريس كتب تشتمل على تلك الآثار، وعند خوض العالم فيما وقع بينهم من المنازعة الموهمة قدحا في حقهم وإن لم يكونوا معصومين يجب عليه أن يؤول الذي ورد عنهم صحيحا بالسند المتصل متواترا كان أو لا، مشهورا أو لا.

وأما ما لم يصح وروده عنهم فهو مردود لذاته لا يحتاج إلى تأويل. والمراد من تأويله أن يصرف إلى محمل حسن حيث كان ممكنا لتحسين الظن بهم وحفظهم عن الإصرار على عمد المعاصي الموجبة للتضليل والتفسيق كمخاصمة فاطمة لأبي بكر رضي الله عنهما حين ميراثها من أبيها فتؤول على أنها لم يبلغها الحديث الذي رواه لـها الصديق من قوله e : " نحن معاشر الأنبياء لا نورث ما تركناه صدقة ". فتمسكت أولا بعموم النبوة ولم يخرج واحد منهم عن العدالة بما وقع بينهم. (إنارة الدجى؛ صــ:36).
(Baca Selengkapnya...)

Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Posting Komentar